Sabtu, 22 September 2012

Print Bolak Balik




Hallo Sobat semua, di pembahasan kali ini saya akan memmberitahukan bagaimana caranya supaya pas kalian nge-print gak boros-boros amat alias IRIT / HEMAT.
Nah, sebelumnya saya pernah dapat kasus ketika saya download file .rar atau .zip yang isinya materi kuliah saya dengan format pdf, ternyata pas dibuka ada satu materi / mata kuliah yang isinya sebanyak 164 lembar. Gak kebayang kan kalo saya harus nge-print sebanyak itu cuma buat satu mata kuliah saja, belum saya nge-print mata kuliah lainnya.kita ibarat kan 1 lembar untuk cetak hitam putih Rp.100 x 164 hasilnya Rp. 16.400 ditambah matakuliah lain kurang lebih semuanya Rp.100 ribu lebih lah..
Terus setelah saya searching di mbah google saya dapat solusi tapi belum puas dan setelah saya praktekin begini lah caranya :
1.       Buka file yang mau di print sesuai formatnya masing-masing( pdf, xls, word, dll)
klik dan pilih menu / icon printer.
 

3.       Lalu pada kotak dialog Print, Pilih nama mesin pencetak atau Printer-nya. Disini saya menggunakan Printer Canon Pixma MP280.

4.       Pada Print range (pdf) atau Page range (ms.word),  klik All kemudian pilih subset Odd page only untuk mencetak halaman ganjil saja dan even page only untuk mencetak halaman genap saja. Saran saya pilih odd page only dahulu.

5.       Buat supaya pencetakan 2 halaman dalam satu lembar , caranya pilih properties.

6.       Pada tab pengesetan cepat di fitur tambahan pilih pencetakan 2 dalam 1, klik OK.


 

7.       Tunggu sampai printer melakukan pencetakan selesai. Setelah selesai lakukan pencetakan dengan pilihan even page only untuk mencetak  halaman ganjil. Pastikan halaman genap berada di posisi belakang halaman ganjil dengan halaman yang sesuai urutannya. Kebayang kan gimana posisinya?
8.       Setelah semua sudah tercetak maka langkah selanjutnya memotong kertas menjadi 2 bagian dan jangan lupa di buat jilid biar sempurna deh hasil pencetakannya.

Mungkin itu saja yang bisa saya share. Kalo ada yang mau ditanyakan silahkan aja komentar karena emang  penjelasan gambarnya gak banyak.


























4 komentar:

  1. wah ini yang dicari dari tadi. langsung tkp...

    BalasHapus
  2. ko saya halaman 2 nya menghadap ke bawah ya gan?

    BalasHapus
  3. Maaf gan gak bales, udh jarang online... halaman 2 itu genap artinya agan salah pas di langkah even page only. Pada saat print odd page only otomatis akan ngeprint halaman 1 dan 3 dalam 1 lembar trus pas print even page only akan mencetak halaman 2 san 4 dalam satu lembar. Harus gak masalah jika langkah diatas sudah dilakukan dengan benar. coba bisa diulang kembali.. normalnya printer akan mencetak dari bagian atas dulu baru ke bawah, pastikan halaman keduanya/balikannya juga sama posisinya cetak dari atas dulu. Thx

    BalasHapus
  4. How to get to Golden Nugget by Bus or Train from - DrmCD
    You can use a free self-parking shuttle 경기도 출장샵 (this is a free self-parking option that you 동두천 출장샵 can use 아산 출장샵 to travel from 경주 출장안마 Golden Nugget to Golden 김천 출장샵 Nugget).

    BalasHapus